Selasa, 04 April 2017

PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Edit Posted by with No comments
Salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam Kurikulum 2013 Pendidikan  Anak  Usia  Dini  adalah  pendekatan  tematik  terpadu.  Dalam  model pembelajaran  tematik  terpadu  di PAUD,  kegiatan-kegiatan  yang  dilakukan  untuk satu  tema, sub  tema, atau sub-sub  tema dirancang untuk mencapai secara bersama-sama  kompetensi  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  dengan  mencakup sebagian atau seluruh aspek pengembangan.
 
Pelaksanaan  pembelajaran  dilakukan melalui  pembelajaran  langsung  dan tidak  langsung  yang  terjadi  secara  terintegrasi dan  tidak  terpisah. Pembelajaran langsung  adalah  proses  pembelajaran  melalui  interaksi  langsung  antara  anak dengan  pendidik  yang  dirancang  dalam  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran Mingguan  (RPPM)  dan  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  Harian  (RPPH). Pembelajaran  langsung  berkenaan  dengan  pengembangan  pengetahuan  dan keterampilan  yang  terkandung  dalam  Kompetensi  Inti-3  (pengetahuan)  dan Kompetensi  Inti-4  (keterampilan). 
 
Pembelajaran  tidak  langsung  adalah  pembelajaran  yang  tidak  dirancang secara khusus namun terjadi dalam proses pembelajaran langsung. Melalui proses pembelajaran  langsung untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan akan terjadi dampak ikutan pada pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam Kompetensi  Inti-1  (sikap spiritual) dan Kompetensi  Inti-2  (sikap sosial). 
 
Pembelajaran  tematik  terpadu  dilaksanakan  dalam  tahapan  kegiatan pembukaan,  inti dan penutup.

0 komentar:

Posting Komentar